Senin, Januari 21

Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf


Menemukan ide pokok paragraf merupakan sutau kewajiban bagi pembaca ketika mencoba menambah wawasan pengetahuannya melalui bacaan. Keterampilan menemukan ide pokok bisa dilatih dan dikembangkan secara teratur dan berkesinambungan sehingga menangkap inti bacaan atau informasi yang diterimanya menjadi tepat, akurat, dan cermat.
Ide pokok paragraf ini terletak dibagian kalimat utamanya. Dan bagaimana cara menemukannya? Sebelum kita lihat cara melakukannya lebih baiknya kita pahami dulu jenis-jenis paragraf  berikut ini :
Paragraf Deduktif
paragraf deduktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya pada kalimat utama yang terletak di bagian awal paragraf. Paragraf dengan tipe ini memiliki alur khusus ke umum. Paragraf dikembangkan dengan menggunakan ide pokok pikiran yang terletak di kalimat pertama.

Paragraf Induktif
Paragraf induktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya di akhir paragraf. Paragraf induktif disusun dengan menguraikan ide pokok pikiran yang terletak di akhir paragraf.

Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang menempatkan ide pokok pikirannya di awal paragraf dan kemudian dipertegas lagi di akhir paragraf.
Selain ketiga paragraf di atas masih ada 1 paragraf lagi yakni paragraf naratif atau deskriptif yang memiliki ide poko pikiran yang tersirat di dalam paragraf.


Setelah kita paham dengan jenis-jenis paragraf yang ada selanjutnya kita akan membahas langkah-langkah untuk menemukan ide pokok pikiran di dalam sebuah paragraf. 
Berikut langkah-langkahnya.
  1. Bacalah paragraf tersebut dengan cermat.
  2. Jika paragraf tersebut non-fiksi maka cermatilah kalimat pertama dan akhir. Lihat pengembangannya cenderung mengikuti bagian mana.
  3. Jika paragraf fiksi maka cermatilah setiap paragraf yang ada karena bisa jadi itu adalah paragraf naratif.
  4. Jika kalimatnya sudah ditemukan silahkan ambil ide pokok yang ada di dalamnya
Demikian sedikit penjelasan tentang cara menemukan ide pokok paragraf. Jika masi kurang mengerti silahkan diskusikan dengan temanmu untuk mempermudah pemahaman.

Tidak ada komentar: